Rabu, 30 November 2016

Apakah Artikel Itu ? (tm.1)

Apakah   Artikel Itu ?
Artikel dalam bahasa Inggris ditulis “article”
Menurut kamus lengkap Inggris-Indonesia karangan Prof. Drs. S. wojowasito dan WJS Poerwodarminto, article  berarti karangan.
Artikel dalam bahasa Indonesia, menurut Kamus Umum Bahasa Indonesia terbitan Balai Pustaka, berarti karangan di Surat Kabar, Majalah dan lain sebagainya.
Pengertian Artikel menurut Istilah
1.    Artikel adalah suatu tulisan tentang berbagai soal, mulai politik, social, ekonomi, budaya, tekhnologi, olehraga dll.  Demikian menurut R. Amak Syarifudin, Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Massa (STIKOSA-AWS) Surabaya.
2.    Artikel adalah karangan yang menampung gagasan dan opini penulis. Baik gagasan murni atau memungut dari sumber lain, referensi, perpustakaan, pernyataan orang dll. Demikian menurut Tjuk Swarsono, wartawan senior. Penulis artikel harus mencantumkan nama secara lengkap sebagai tanggung jawab atas kebenaran tulisannya.
3.    Artikel sebagai karangan factual (non fiksi) tentang suatu masalah secara lengkap, yang panjangnya tidak ditentukan, untuk dimuat di surat kabar, majalah, bulletin dsbnya. Demikian Asep Syamsul M Romli, mantan ketua laboratorium dan Pusdiklat Mingguan Hikmah.
4.    Dalam menulis artikel dapat memasukkan fakta sebagai data dari apa yang akan ditulisnya.  Dari data yang ada itulah penulis dapat memberikan pendapat, pandangan, gagasan atau bahkan interpretasi dari data yang ada tersebut.
Berdasarkan pendapat para praktisi dan pakar tersebut, dapat disimpulkan bahwa semua tulisan di surat kabar atau majalah yang bukan berbentuk berita bias disebut artikel.

Apakah   Berita Itu?
Berita adalah tulisan yang ditulis berdasarkan fakta atas kejadian, atau peristiwa yang terjadi.
Boleh juga menulis berita ditambah dengan Interpretasi, sepanjang hal itu diperuntukkan bagi penjelasan fakta. Tetapi, menuliskan berita sama sekali tidak boleh memasukkan opini. 

Apakah Fakta itu?
Fakta adalah kenyataan yang ada sesuai dengan data yang sebenarnya.

Apakah  Interpretasi  itu?
Interpretasi adalah hasil pemikiran berupa penafsiran, pengertian atau pemahaman.

Apakah  Opini  itu?
Opini adalah pendapat atau pandangan seseorang atau kelompok  terhadap masalah atau peristiwa yang terjadi.
Kesimpulan;
1.    Menulis berita, bias gabungan antara fakta dan interpretasi.
2.    Menulis artikel bias terdiri dari ketiganya, fakta, interpretasi dan opini.  Penulisan artikel bias juga sebagai komentar dari peristiwa yang terjadi serta mengajukan pandangan, pendapat atau pemikiran lain.

Manfaat artikel.
Hamper semua penerbitan surat kabar menyediakan satu halaman khusus untuk artikel yang disebut dengan opinion page.
Halaman ini memberi kesempatan kepada khalayak pembacanya untuk menyampaikan pendapatnya (opini). Bagi pembaca surat kabar, majalah, halaman artikel atau opini dapat dimanfaatkan untuk menyampaikan pandangan, gagasan, serta argumentasi dari berita-berita  atau situasi yang terjadi dan terekam dalam benaknya.
Bagi pegawai negri atau karyawan swasta yang mempunyai jabatan fungsional, seperti peneliti, dosen, guru dsbnya. Artikel di media massa digunakan untuk memenuhi angka kredit bagi kenaikan jabatan mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar