Minggu, 23 Oktober 2016

Rencana Pembangunan Wilayah

Cover buku “Perencanaan Pembangunan Wilayah” oleh Prof. Drs. Robinson Tarigan. M.S.P (dok.Pribadi) 
Coba bayangkan apa jadinya hasil Pembangunan di suatu wilayah, jika Pembangunan yang dilakukan tidak melalui Perencanaan. Tentu, akan mengecewakan banyak pihak. Mulai dari masyarakat yang akan menikmati hasil Pembangunan, Pemerintah sebagai institusi yang mempertanggung-jawabkan Pembangunan serta stakeholder yang ikut terlibat dalam Pembangunan. 
Bukan hanya pada hasilnya yang mengecewakan, melainkan mulai dari Perencanaan, pelaksanaan dan hasil Pembangunan. Tentu akan mengecewakan. Apa yang akan diraih dari Pembangunan itu, tak sepenuhnya dimengerti, bagaimana melaksanakannya juga tak sepenuhnya jelas, demikian juga pasca pelaksanaan. Berapa besaran anggaran sesungguhnya, bagaimana mengauditnya, nilai manfaat apa yang akan dicapai serta parameter manfaat dari hasil Pembangunan itu, semuanya sulit untuk dikalkulasi dan dinilai berdasarkan angka-angka dan nilai yang disepakati dalam milleu dimana wilayah Pembangunan dilakukan.

Perencanaan mengetahui dan menganalisis kondisi saat ini, meramalkan perkembangan berbagai faktor noncontrollable yang relevan, memperkirakan faktor-faktor pembatas, menetapkan tujuan dan sasaran yang diperkirakan dapat dicapai, menetapkan langkah-langkah untuk mencapai tujuan tersebut, serta menetapkan lokasi dari berbagai kegiatan yang akan dilaksanakan.
Buku yang ditulis oleh Prof. Drs. Robinson Tarigan, M.R.P. syarat dengan hal-hal teoritis Terutama, bagi pembaca awam, bahasa yang digunakan terasa kering, sulit dipahami. Sehingga pembaca harus mengulang-ulang agar dapat memahami apa yang diuraikan penulis. Diakui, bahwa gaya penulisan ilmiah tentu akan berbeda dengan gaya bahasa penulisan essay. Tetapi, pada buku Perencanaan Pembangunan Wilayah yang ditulis oleh Prof. Drs. Robinson Tarigan, M.R.P semakin terasa berat karena tanpa jeda dalam menuliskan teori-teori perencanaan. Di satu sisi, memang terasa berat. Namun, di sisi lain, menjadikan buku Perencanaan Pembangunan Wilayah bernas dan syarat dengan teori-teori & pesan-pesan ilmiah yang ingin disampaikan oleh penulis.

Keuggulan dari buku ini,  mampu memberikan informasi tentang Perencanaan Pembangunan Wilayah secara komprehensif, total dan menyeluruh. Aspek kajiannya begitu komplit. Mulai dari apa itu Perencanaan, jenis-jenis Perencanaan, apa saja obyek yang perlu direncanakan, siapa-siapa yang perlu dilibatkan dalam Perencanaan, berapa lama hasil Perencanaan itu akan dilakukan serta pihak-pihak yang perlu diminta pertimbangan dan persetujuan setelah Perencanaan Wilayah itu selelsai dikerjakan.
Penulis yang memperoleh gelar Master of Regional Planning dari University of North Carolina, Chapel Hill, USA tahun 1981. Selain mengajar, juga aktif bekerja sama dengan beberapa Pemerintah Daerah untuk menyusun berbagai Perencanaan Pembangunan Daerah, seperti Rencana Umum Tata Ibu kota Kecamatan, Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten, Rencana Tata Ruang Wilayah Kota, Program Jangka Menengah (PJM) P3KT, terasa memang menguasai masalah terhadap apa yang beliau tulis.
Buku yang ditulis Prof. Drs. Robinson Tarigan, M.R.P. bukan hanya berkutat pada hal-hal  teoritis tetapi juga pada solusi masalah dalam Perencanaan Pembangunan Wilayah. Sehingga, membaca buku ini, serasa membaca sebuah manual yang berisi teori-teori dan langkah-langkah yang harus dilakukan ketika teori itu ingin diaplikasikan pembaca dalam praktek kesehariannya.  
Jikapun ingin disebutkan kelemahan dalam buku ini, maka hanya pada kemampuan komunikasi, dibutuhkan pengetahuan dasar dari pembaca, keseriusan yang lebih dalam menelaah isi kandungannya serta runut dalam membaca. Bab-bab yang terdapat dalam buku ini saling berkaitan satu dengan lainnya, serta runut. Artinya, untuk mengetahui kandungan isi dari Bab 5 misalnya, maka pembaca harus memulainya dari Bab sebelumnya –Bab 3 dan Bab 4-.
Akhirnya, buku ini layak dan perlu dibaca, terutama bagi mahasiswa ilmu Politik, Para Dosen, LSM, tokoh masyarakat  dan mereka-mereka yang terlibat dalam Perencanaan Pembangunan wilayah. Karena didalamnya dibahas tuntas apa itu Perencanaan, bagaimana mengaplikasikannya dalam praktek yang akan dilakukan. Jika kita semua sepakat, bahwa Pembangunan yang diawali oleh sebuah kebijakan yang diambil oleh Pemimpin Daerah diharapkan tidak menimbulkan gejolak pada masyarakat yang dipimpinnya. Untuk memperoleh semua itu, maka diperluksn kajian yang mendalam pada tahap Perencanaan Pembangunan wilayah. Dan Buku merupakan guidance yang dapat mengantarkan pada tujuan yang dimaksudkan.
Judul Buku               : Perencanaan Pembangunan Wilayah
Penulis                    : Prof. Drs. Robinson Tarigan, M.R.P.
Penerbit                  : Bumi Aksara, PT
Cetakan                  : Ketujuh
Jumlah halaman       : xviii+275  halaman
Harga                     : Rp 78.000.00
Tahun terbit             : April 2015

Tidak ada komentar:

Posting Komentar