Rabu, 05 Agustus 2015

Pagar Alam, kota Besemah



Setelah Palembang, perjalanan berikutnya menuju kota Pagar Alam, kota yang berjarak 298 Km dari Palembang ini, berhawa sejuk dengan suhu berkisar antara 14 – 18° C.
Menjelang tengah hari, kami tiba di kota yang berhawa sejuk itu, saya cukup surprise ketika melihat becak motor seperti yang saya lihat di Medan, padahal Pagar Alam kontur tanahnya tidak rata seperti di Medan. Rumah-rumah lama dengan arsitektur khas Melayu sangat banyak saya jumpai, kondisi jalan yang mulus, Gunung Dempo yang setia menemai sepanjang perjalanan, merupakan destinasi yang menakjubkan.
Di Kota Pagar Alam ini, ada beberapa catatan yang perlu saya informasikan pada teman-teman pembaca sekalian.

Kota dengan hawa sejuk.
Becak Pagar Alam (dok.Pribadi)
Sesuai dengan namanya, kota ini dipagari dengan bukit barisan dan Gunung Dempo, lazimnya kota yang berhawa sejuk, disini juga ada perkebunan teh lengkap dengan pabrik tehnya,yang dikelola oleh PTPN III. secara Geografis Pagar Alam berada pada posisi 4o Lintang Selatan (LS) dan 103,15o Bujur Timur (BT) dengan luas wilayah 63.366 Ha (633,66 Km2 ) dan terletak sekitar serta berjarak 67 Km di sebelah barat daya dari ibukota Kabupaten Lahat. Pagar Alam adalah salah satu Kota dalam Propinsi Sumatera Selatan yang dibentuk berdasarkan Undang – Undang Nomor 8 Tahun 2001
Pagar Alam memiliki semboyan Besemah merupakan akronim dari Bersih, Sejuk dan Ramah.

Obyek Wisata
Rumah Adat Pagar Alam (dok.Pribadi)
Beberapa obyek wisata yang dapat kita jumpai di Pagar Alam selain Gunung Dempo, ada juga kebun Teh, , ada Air Terjun Lematang indah yang berada di tepi jalan raya antara Lahat dan Kota Pagar Alam. Air terjun dengan ketinggian 40 M dapat dilihat persis pada tikungan paling tajam, pada air terjun (masyarakat Pagar Alam menyebut air terjun dengan Curup) ini, biasanya diabadikan pengunjung dengan berfoto.Selain itu, peninggalan megalithik banyak dijumpai di sini, ada 26 situs menhir, Arca Manusia Purba, ada juga Rumah Batu, ada juga sungai Lematang yg begitu lebar, dengan kondisi Jembatan yang menyerong, hingga menimbulkan kesan eksotis sendiri

Wisata Agro
Gunung Dempo di Latar Belakang (dok.Pribadi)
Kota Pagar Alam juga dikenal dengan penghasil sayur mayur, seperti cabe, kol, coklat, dan aneka buah2an,  bahkan anekdot orang Pagar Alam, jika orang Jakarta main Bola di Senayan dengan bola kulit, orang Pagar Alam main Bola di halaman rumah dengan Bola sayur Kol.
Kota yang di pimpin oleh walikota ini, memiliki lima kecamatan, yakni Dempo Selatan, Dempo Tengah, Dempo Utara, Pagar Alam Selatan, Pagar Alam Utara.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar