Sabtu, 01 Agustus 2015

Kerbau Banten Selatan


serombongan Kerbau Banten Selatan (dok.Pribadi)

Judul tulisan diatas terasa aneh dan seakan mengada-ada, memang awalnya saya juga berpikiran begitu, tetapi karena hal ini suatu fakta yang harus saya ceritakan, maka saya putuskan untuk tidak merubah judul tulisan diatas.
Jika kita mengadakan wisata ke daerah Selatan Banten, maka hal dominan yang ingin kita lihat adalah laut. Laut dengan berbagai aneka keindahan dapat kita liat di sini, mulai dari yang berombak besar, berpasir putih, berpantai terjal, pantai dengan batuan-batuan yang berfungsi sebagai pemecah ombak, sampai dengan laut yang menjanjikan untuk penggemar selancar seperti pantai Sawarna akan kita temukan disini, sedang lokasi antara satu lokasi dengan lokasi lainnya berjarak relatif dekat. Bonus dari keindahan laut yang kita temui itu, maka kita disuguhi dengan pemandangan Kerbau Banten Selatan yang berjalan beriringan di pasir pantai dengan jumlah puluhan.


Sejarah Kerbau di Banten
Kerbau Bule, pemersatu komunitas (dok.Pribadi)
Setiap sore pada obyek wisata laut Pantai Bagedur, Pantai Pasir Putih, Pantai Binuangeun, pantai Cihara dan Pantai Bayah kita akan jumpai barisan puluhan ekor kerbau berlenggak lenggok menyusuri bibir pantai, pemandangan yang tidak dijumpai pada daerah pantai di luar Lebak Selatan.
Pemandangan langka ini, yang bagi wisatawan merupakan keindahan, ternyata bagi penduduk lokal sudah merupakan hal yang lumrah dan tidak aneh. Karena bagi mereka, hal ini sama tuanya dengan umur pantai itu sendiri, bahkan Multatuli (nama lain Douwes Dekker) dalam bukunya Max Havelaar, tahun 1860 telah menyinggung keberadaan kerbau-kerbau  ini dalam fragmen Saijah dan Adinda

Kerbau Banten Selatan yang lain (dok.Pribadi)
Fakta mengejutkan lain tentang kerbau Banten Selatan dikemukakan oleh Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Provinsi Banten Agus M Tauchid.Jumat (16/12). Bahwa hasil penelitian Balai Kesehatan Ternak di Roma, Italia, yang menyatakan kualitas kerbau di Banten Selatan, memiliki kualitas terbaik di dunia. Dia juga menjelaskan bahwa kerbau di Provinsi Banten menempati urutan keempat secara nasional. Kerbau tersebut, Jelas Agus, merupakan jenis geram, dan asli dari peranakan Banten, dan populasinya juga cukup banyak di daerah itu.
Demikian pula hasil penelitian yang dilakukan oleh Linda Wulandar, dari IPB menunjukan kerbau merupakan hewan ternak yang paling populer di kabupaten lebak, terutama di daerah Selatan kabupaten lebak atau yang lebih populer dengan sebutan daerah Selatan Banten.
Jadi, sebagai alternatif wisata, mengapa tidak, jika sekali-kali kita menikmati wisata kerbau..........???

1 komentar:

  1. Kesana Kesini Bigung Cari Bandar Terpercaya Dan Aman.Ayok Daftar Kan Diri Anda.Menang kan Ratusan Juta Hanya Di Sanadomino
    ~ Bandar Poker
    ~ BandarQ
    ~ Poker
    ~ Domino
    ~ Capsa Online
    ~ AduQ
    ~Sakong
    Minimal deposit hanya Rp 20.000
    Bonus-Bonus Menarik Yang DI Berikan SanaDomino :
    * Bonus Refferal 20% Seumur Hidup
    *Bonus Casback 0,3/0,5%
    Ayo buruan daftar kan diri anda sekarang juga
    Silahkan Klik link di Bawah Untuk Mendaftar :
    http://www.sanadomino.com/Register.aspx?ref=lisalu88
    Untuk Info Keterangan Lebih Lanjut Silakan Hub :
    Cs sanadomino
    BBM : D86E8C7A 24 Jam Online
    Layanan Tercepat, Proses Deposit & Withdraw Tercepat !!!
    Kami Memprioritaskan Kenyamanan Member.
    bandar judi online

    BalasHapus