Senin, 03 Agustus 2015

Bayah……beberapa catatan



Di penghujung tahun 2011, Ketika masyarakat kita tenggelam dalam kesibukannya menyambut Tahun Baru, membuat catatan mengenai apa yang telah terjadi pada tahun 2011, serta memprediksi apa yang akan terjadi pada tahun 2012, maka tidak ada salahnya, kalo saya membuat catatan tentang Bayah…. Sejengkal tanah di ujung selatan Banten.

View Jebatan Bayah dari ketinggian   (dok.Pribadi)
Catatan.1. Akhir dari kerja Rhomusa
Hampir seluruh masyarakat Indonesia, tahu tentang kekejaman Jepang dengan kerja paksa yang menumpahkan darah dan jiwa, kerja paksa yang dikenal dengan Rhomusa itu, berakhir di kota di ujung selatan banten…..kota Bayah

Catatan.2.Kota Bisnis terakhir.
Hampir semua kita tahu dari pelajaran SD dulu, tambang emas tertua di Pulau Jawa, adalah Cikotok, tetapi tahukah saudara, bahwa Cikotok sebenarnya ada di selatan Banten, kehidupan yang digerakkan oleh kilaunya kuning emas itu, sebenarnya berada pada…….. kota Bayah   

Catatan.3.Kota bersejarah.
view Pantai Bayah (dok. Pribadi)
Ketika kita bicara tentang pahlawan Nasional, maka nama Tan malaka menjadi wacana yang mengedepan, tokoh yang dikenal dengan pemikiran dan tulisan yang membela rakyat kecil ini, pernah ikut andil dalam melawan Jepang, ketika kerja Rhomusa berkecamuk di.........kota Bayah.

Catatan.4.Acces yang tidak kenal
Ketika kita bicara tentang Bayah... selalu timbul pertanyaan, dimana itu..??? bagaimana Acees untuk sampai kesana...??? apakah Aman..??? Jawab dari pertanyaannya itu sangat sederhana. Jika kita dari Serang naik elf, maka dengan 35 ribu kita telah sampai di Bayah, atau jika dari terminal Cimone dengan kendaraan ¾, dengan biaya 50 ribu, kita sudah sampai di Bayah, sangat murah.... bila diingat, sepanjang 34 km terakhir dari perjalanan ini, kita disuguhkan pemandangan pantai selatan yang menakjubkan.

Catatan.5.Kota Wisata yang terlupakan
Pantai Bayah, sisi lain lagi (dok. Pribadi)
Jika bicara tentang wisata, hal yang sering diingat orang adalah Pelabuhan Ratu......padahal dari keindahan, Bayah gak kalah indah, di sini ada pantai Karang Taraje, di sini ada Pantai Pulau Manuk, kalau gak  percaya....??? tolong amati gambar-gambar yang saya sajikan di dalam tulisan ini. Belum lagi sarana hotel, penginapan yang cukup tersedia.

Catatan.6.Kota yang menjanjikan
Bagi mereka punya jiwa Bisnis, kota ini menjanjikan perdagangan yang menggiurkan, tambang Batu Bara, Tambang Emas, yang di usahakan secara perorangan, ditambah perdagangan yang cukup rame, dengan perputaran uang yang cukup besar......maka jangan aneh, harga tanah di pertigaan Bayah, mencapai 2.000.000 /m2.  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar