Sabtu, 01 Agustus 2015

Traveling to Malingping Kota Pesisir di Selatan Banten


hamparan pasir putih (dok.pribadi)

Malingping, terasa asing ditelinga banyak orang, termasuk kita. Padahal daerah ini, hanya sepelemparan batu saja dari Jakarta. Untuk memperkenalkan daerah Malingping dengan segala kelebihannya, maka tulisan ini dibuat.
Malingping merupakan daerah pesisir pantai selatan Banten yang terletak di Kecamatan Malingping, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten.  Kecamatan Malingping terdiri dari beberapa desa dengan Jumlah empat belas desa ini yakni; Desa Senanghati, Desa Cipendeuy, Desa Sumberwaras, Desa Bolang, Desa Sanghiang, Desa Rahong, Desa Kadujajar, Desa Malingping Utara, Desa Malingping Selatan, Desa Kersaratu, Desa Sukaraja, Desa Sukamanah, Desa Cilangkahan, dan Desa Pagelaran.
Untuk sampai di daerah Malingping, Jarak  tempuh sekitar 240 kilometer dari Ibu Kota Jakarta atau 130 kilometer dari Kota Serang. Waktu tempuhnya sekitar  tujuh jam perjalanan bermobil. terdapat beberapa jalur alternatif serta sarana angkutan umum yang memadai menuju tempat tujuan. Kecamatan Malingping cukup maju dibandingkan dengan kecamatan lain di pesisir Selatan Banten, bahkan menurut penuturan Camat Ade Sutiana S.Sos, Malingping merupakan kandidat Ibu Kota Kabupaten baru, yakni Kabupaten Cilangkahan

Akomodasi
sisi lain  dari pasput (dok.pribadi)
Perjalanan ke Malingping dapat dimulai dari Jakarta Ke Serang dengan transit di  Terminal Pakupatan Serang,  lalu dilanjutkan dengan kendaraan non Bus (elf atau disini orang menyebutnya PS) menuju Malingping dengan ongkosnya Rp 25.000, lama tempuh perjalanan sekitar 4 s/d 5 jam, barulah anda sampai di Malingping, dari malingping barulah anda menuju obyek wisata yg banyak terdapat sekitar Malingping. Obyek wisata yang dominan di sini adalah obyek wisata pantai. Jumlah obyek wisata pantai  sekitar empat tempat yang saling berdekatan. Demikian indahnya obyek wisata pantai ini, maka akan memakan waktu yang tidak sedikit bagi anda yang yang sedang berwisata. Maka, dianjurkan anda untuk bermalam, untuk bermalam di Malingping anda tidak usah khawtir karena banyak penginapan yang tersedia.

Penginapan
Pasput nan eksotik (dok.Pribadi)
Banyak penginapan disekitar kota Malingping malingping –ada  4 buah penginapan kelas Melati dengan harga yang murah Meriah mulai dari 75.000 non AC hingga yang AC dengan tarif 125.000 permalam. Sedangkan Penginapan yg paling dekat dengan lokasi, masyarakat setempat menamainya dengan Villa kuning.
Sedangkan untuk makan, anda tinggal pilih sesuai dengan selera anda, dari mulai makanan yang disediakan penginapan, atau makanan khas Sunda dengan ikan Bakar dan sayur asamnya atau anda juga dapat makan di Rumah makan Padang, yang di maling ada 4 buah Rumah makan Padang.

Pantai Pasir Putih
Deburan ombak yang lain(dok.Pribadi)
Pantai Pasir Putih Malingping memiliki karakteristik umumnya pantai selatan Pulau Jawa yang terkenal bersih airnya dan ombaknya yang besar.  Pantai Pasir Putih Malingping menghadap bebas ke Samudera Hindia, namun ombaknya yang besar tak membahayakan pelancong yang gemar bermain-main di laut. Ombak besar dari tengah samudera lebih dulu pecah berserak lantaran terhalang gugusan karang laut di depan bibir pantai, sehingga kita dapat menikmati alam dengan pantai yang indah, aman, dan nyaman.
Anak-anak boleh berenang di laut sepuasnya dan memungkinkan memandang sekumpulan ikan berwarna-warni di sela-sela batu karang, bahkan dibeberapa tempat ada semacam kolam alami dari batu karang yang dapat dibuat berenang, hal inimenandakan betapa alaminya lingkungan Pantai Pasir Putih Malingping.

Pantai Bagedur
Kolam alami tempat berenang (dok.Pribadi)
Pantai yg terletak di desa Sukamanah ini, memiliki pemandangan yang indah, dengan hamparan pasirnya yang putih dan lantai membuat suasana begitu menyenangkan dan menyejukkan jiwa, pada hari libur jumlah pengunjungnya cukup rame, suasana tambah comport dengan adanya cotage dan hotel sekita Pantai Bagedur.
Mengunjungi Bagedur akan mengingatkan pengunjung akan obyek wisata Parang Tritis di Yogyakarta atau pantai Kuta di Bali.
Ketika sore hari, biasanya akan ada sekawanan Kerbau yang melintasi bibir pantai Bagedur, sehingga wisatawan akan disajikan keindahan lain, berupa wisata Kerbau yang sedang berbaris menyusur bibir pantai.

Pantai Binuangeun.
keteduhan lain, Pasput (dok.Pribadi)
Tak kalah dari kedua pantai diatas, adalah pantai Binuangeun. Pada pantai Binuangeun, wisatawan bisa bakar ikan, karena dekat lokasi wisata pantai Binuangeun ada tempat pelelangan Ikan (TPI). Selain itu, bagi mereka yang hobby mancing, dapat menyalurkan hobbynya di pantai Binuangeun ini.  Ada batu yang menjorok ke laut. Disanalah biasanya para pemancing maniak, menghabiskan waktunya.
Untuk mereka yang hobby berenang, juga terdapat tempat berenang yang aman, ombak pada pantai Binuangeun, juga tidak besar.




3 komentar:

  1. Wah.. ternyata susah juga ya ke Malimping, kl naik mobil pribadi kira2 lebih enak lewat mana ya?
    Salam dari Produsen Tangki Fiberglass

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebaiknya lewat serang, pandeglang, lalu, di saketi belok kiri, arah Malingping..

      Hapus
    2. Sebaiknya lewat serang, pandeglang, lalu, di saketi belok kiri, arah Malingping..

      Hapus